Panduan untuk memahami jenis dan lapisan kaca

Glass Types and Finishes 

Memilih jenis dan lapisan kaca terbaik untuk jendela dan pintu rumah Anda bisa jadi sulit. Bagi orang-orang di luar industri, kebanyakan kacamata terlihat sama.

Jenis dan finishing kaca
Arsitek Hugh Jefferson Randolph

Teknologi modern telah memungkinkan produsen untuk memproduksi kaca yang menghalangi, melindungi, dan mengaburkan penglihatan sambil membiarkan cahaya melewatinya.

Jenis dan finishing kaca

Jenis dan lapisan kaca adalah kategori umum dalam industri kaca. Jenis mengacu pada formulasi atau komposisi kimia kaca dan hasil akhir mengacu pada gaya permukaan.

jenis kaca

Menurut Corning Museum of Glass, ada enam jenis kaca yang berbeda. Pakar industri mendasarkan jenis ini pada komposisi kimia yang berbeda.

  1. rumput soda limau – Soda-lime glass, juga disebut float glass, adalah kombinasi dari soda, kapur, dan silika. Ini adalah jenis kaca yang paling umum dan paling murah yang pernah ada. Jenis ini menyumbang 90% dari semua kaca komersial yang diproduksi. Disebut juga kaca karena produsen menggunakannya untuk jendela, pintu kaca, dan wadah kaca rumah.
  2. gelas timah – Pengrajin menggunakan kaca bertimbal untuk membuat jendela dan kaca dekoratif karena sifat reflektifnya. Ini juga lebih lembut dari gelas soda. Karena biayanya yang tinggi dan potensi toksisitasnya, produsen menggunakan kaca bertimbal untuk aplikasi listrik daripada penggunaan rumah tangga.
  3. borosilikat – Kaca ini tahan lama dan tahan panas. Produsen menggunakannya dalam peralatan masak, bola lampu, lampu depan, dan peralatan laboratorium.
  4. aluminosilikat – Kaca ini memiliki ketahanan panas dan bahan kimia yang sangat baik. Perusahaan menggunakan kaca ini untuk membuat termometer suhu tinggi, bola lampu halogen, dan layar smartphone.
  5. kaca silika tinggi – Produsen membuat gelas ini dengan memanaskannya pada suhu tinggi dan menghilangkan elemen non-silika. Produsen menggunakan kaca ini dalam industri serat optik dan semikonduktor.
  6. kuarsa menyatu – Kaca ini adalah yang paling tahan panas dari semua gelas karena dibuat menggunakan suhu tinggi. Mahal dan digunakan dalam aplikasi khusus.

kaca selesai

Lapisan kaca mengacu pada permukaan kaca, bukan komposisi kimianya.

Ada dua kategori besar kaca: kaca bening dan kaca privasi.

Pembangun menggunakan kedua jenis kaca untuk jendela dan pintu rumah mereka.

  1. lapisan kaca bening – Lapisan kaca bening dan film adalah hal yang umum di mana garis pandang yang jelas diperlukan. Ini termasuk pilihan kaca jendela dan pintu depan seperti kaca laminasi, tempered dan terisolasi. Kategori ini juga mencakup kaca berwarna tembus pandang.
  2. kaca privasi selesai – Lapisan kaca privasi mengaburkan pandangan melalui kaca dengan merawat permukaan dengan lapisan akhir atau film. Ada berbagai jenis kaca buram termasuk kaca buram, kaca berkerikil, kaca bergalur, kaca cermin, dan pelapis lainnya.

Jenis dan lapisan kaca populer untuk digunakan di rumah

Sebagian besar kaca yang digunakan di rumah adalah kaca soda-kapur, dan di beberapa rumah bersejarah itu adalah kaca timah. Permukaan kacamata ini diselesaikan dengan berbagai cara, tergantung pada penggunaan dan lokasinya di rumah.

kaca tempered

kaca tempered
Peter Escuche, AIA

Kaca tempered rumah adalah kaca soda-lime yang telah diolah agar lebih kuat dari kaca biasa. Ketika kaca tempered pecah, kaca itu pecah menjadi potongan-potongan kecil tanpa tepi bergerigi. Ini membuat kaca lebih aman di tempat yang bisa pecah.

Ini adalah salah satu jenis pintu kaca atau kaca yang paling populer untuk panel pintu depan. Pintu interior kaca tempered juga umum dengan pintu kaca panel penuh di mana ukuran panel lebih besar dari 24 inci.

Di atas 9 kaki persegi, diperlukan jendela kaca tempered.

gelas beku

gelas bekulihat di galeri

Kaca buram atau kaca tembus pandang diperlakukan untuk memberikan tampilan buram pada kaca. Tampilan diblokir, tetapi cahaya mengalir dari satu area ke area lain. Kaca ini populer untuk pintu eksterior dengan pintu masuk buram seperti kaca untuk menjaga privasi dari tetangga.

Pintu masuk kamar mandi dengan kaca buram dan jendela buram adalah hal biasa di ruang interior untuk menjaga privasi tanpa mengorbankan cahaya. Tidak semua pintu depan kaca buram benar-benar tertutup.

Ada beberapa pilihan pintu depan kaca buram di mana frosting menciptakan desain dekoratif yang unik.

gelas timah

gelas timah
interior tidak sempurna

Salah satu jenis kaca yang paling umum digunakan untuk pintu dan jendela di rumah bersejarah adalah kaca bertimbal. Ini juga biasa terjadi ketika rumah baru dibangun dengan pintu kaca lama seperti pintu kaca antik dan jendela kaca patri.

Kaca bertimbal mahal dan mengandung timbal, yang membuatnya usang, tetapi jika Anda perlu mengganti kaca pintu antik Anda dan menginginkan kaca dengan model yang sama, cari pemasok yang menjual kaca bertimbal, tolong beri saya.

kaca terisolasi

kaca terisolasi
pintu aula clark

Kaca terisolasi adalah salah satu jenis pintu dan jendela kaca eksterior yang paling umum. Pabrikan membuat kaca isolasi menggunakan dua lembar kaca dengan lapisan udara di antaranya. Ini menciptakan segel isolasi yang lebih dan membuat rumah Anda lebih hemat energi.

gelas asap

gelas asap
mengubah rumah

Pintu dan jendela kaca berasap bening tapi gelap. Ini adalah jenis kaca yang cocok untuk pintu dan jendela di mana Anda menginginkan privasi lebih sambil mempertahankan pandangan yang jelas. Pintu dan jendela kaca smoke sangat cocok untuk rumah bergaya modern atau kontemporer.

kaca bertekstur

kaca bertekstur
pintu aula clark

Kaca bertekstur adalah cara lain untuk menghalangi penglihatan sekaligus meningkatkan privasi. Kaca bertekstur termasuk kaca timbul seperti kaca palu dan kaca gelembung. Semua kacamata bertekstur memiliki tingkat ketidakjelasan yang berbeda-beda. Pintu dan jendela kaca beralur sering menghalangi visibilitas, tetapi desain ini membuat cahaya tetap jernih.

kaca satin

kaca satin
Sayang Lakukan Ini Itu

Kaca satin mirip dengan kaca buram, tetapi kurang berkilau dan memiliki tekstur dan hasil akhir yang lebih halus. Pembangun menggunakan kaca satin untuk pintu interior dan eksterior dengan jendela kaca di mana privasi adalah prioritas. Ini juga digunakan sebagai kaca untuk jendela kamar mandi dan pintu shower di mana peningkatan opacity penting.

kaca akustik

kaca akustik
desain nol energi

Produsen membuat kaca akustik dengan menempelkan lapisan polivinil butiral (PBL) ke kaca. PBL melembutkan suara saat melewati kaca. Pertimbangkan jenis kaca ini jika Anda membangun ruangan seperti home theater di mana kualitas suara penting. Kaca jenis ini adalah alternatif yang baik untuk pintu kaca eksterior jika Anda tinggal di daerah perkotaan yang bising.

kaca privasi yang dapat diganti

kaca privasi yang dapat diganti
Alair Homes Plano

Kaca privasi yang dapat diganti adalah jenis kaca terbaru yang memaksimalkan privasi dan visibilitas. Meskipun kaca ini tampak transparan, dapat menjadi buram karena aktivasi film kristal cair terdispersi elektropolimer (PDLC).

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apa jenis kaca yang paling umum untuk pintu?

Kaca tempered adalah salah satu jenis kaca yang paling umum untuk pintu eksterior dan interior karena kode bangunan tempat tinggal. International Housing Code (IRC) mensyaratkan kaca tempered untuk semua pintu badai. Pintu kaca berinsulasi juga umum digunakan untuk menjaga suhu internal dan menghalangi suara luar.

Apa jenis kaca yang paling umum untuk jendela?

Izin perumahan mengharuskan jendela menjadi kaca temper jika lebih dari 9 kaki persegi, berada di dekat lorong, atau berada pada jarak tertentu dari lantai. Kaca terisolasi umum di sebagian besar jendela. Kaca privasi sangat populer di kamar mandi.

Apa jenis kaca yang paling kuat?

Kuarsa menyatu adalah jenis kaca terkuat. Misalnya, industri dirgantara menggunakan kaca ini untuk jendela pesawat ruang angkasa berawak.

Jenis kaca apa yang terbaik untuk pintu kamar mandi?

Karena masalah keamanan, pintu kamar mandi modern terbuat dari kaca temper. Pabrikan juga memiliki versi laminasi. Ini berarti bahwa jika kaca pecah, lembaran yang dilaminasi akan menahan potongan kaca di tempatnya. Ini adalah pilihan yang baik untuk kamar mandi anak-anak di mana kerusakan menjadi perhatian.

Bagaimana perbedaan jenis kaca antik dengan kaca modern?

Sebagian besar kaca antik terbuat dari kaca bertimbal. Leadlight mengacu pada kaca dekoratif tua, panel berlian, dan kaca patri. Kaca bertimbal juga digunakan untuk membuat botol kristal dan gelas anggur. Kebanyakan gelas saat ini bebas timbal karena timbal beracun. Sebagian besar gelas saat ini adalah gelas soda. Ini tidak beracun dan murah untuk dibuat. Juga, kaca antik pecah menjadi pecahan tajam saat pecah, dan sebagian besar rumah modern menggunakan kaca temper untuk alasan keamanan.

Kesimpulan

Saat memilih kaca untuk rumah Anda, penting untuk memahami semua jenis dan lapisan kaca yang berbeda. Pertimbangkan posisi pintu dan jendela Anda untuk memutuskan antara lapisan privasi kaca atau lapisan bening.

Lokasi pemasangan Anda akan menentukan apakah Anda harus mempertimbangkan kaca tempered atau standar. Kaca tempered dan terisolasi adalah beberapa jenis kaca yang paling umum digunakan di rumah karena paling serbaguna dan paling tidak berisiko.

Ada juga jenis kaca khusus lainnya yang dapat mempercantik tampilan dan penggunaan di area tertentu.